Wednesday, March 21, 2012

Soal Bahasa Indonesia

Diposkan oleh Diza_randani

Readers!!
Author is comeback. :)
Sekarang kita bahas pelajaran bahsa indonesia yuk !! :D

Gambar No.1
1 . Dari grafik di samping (Gambar No.1) dapat disimpulkan bahwa ........
A . Prestasi siswa dari tahun ke tahun tidak   meningkat.
B . Prestasi siswa naik sedikit demi sedikit.
C . Dari tahun ke tahun prestasi siswa meningkat kecuali tahun 1947.
D . Prestasi siswa tidak pernah turun
E . Prestasi siswa menurun pada tahun 1998.
Kunci : C
Penyelesaian :
Terlihat pada grafik tahun 1995 sampai 1999 prestasi siswa meningkat kecuali pada tahun
1997 menurun sekitar 25%.

2 . Banyak faktor yang menjadi penyebab siswa kurang tertarik pada pelajaran bahasa
Indonesia. Faktor tersebut di antaranya penyajian materi dalam buku teks dan guru yang
tidak menguasai materi sehingga tidak dapat mengajar dengan baik.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ........
A . materi buku teks bahasa Indonesia bagi para siswa
B . guru bahasa Indonesia yang tidak menguasai materi yang diajarkannya
C . faktor penyebab kurang tertariknya siswa terhadap pelajaran bahasa Indonesia
D . bahasa Indonesia kurang menarik untuk dipelajari siswa dalam kelas
E . faktor-faktor yang menyebabkan guru tidak mampu mengajarkan materi ajar
Kunci : C
Penyelesaian :
Pikiran utamanya adalah "faktor penyebab kurang tertariknya siswa terhadap pelajaran
bahasa Indonesia", pilihan lainnya merupakan kalimat penjelas.

3 . (1) Di IRRI (International Rice Research of Institute) Los Banos di Pilipina terdapat
puluhan ribu jenis padi yang berasal dari seluruh dunia. (2) Plasma nutfah padi yang berasal
dari Indonesia pun ada di sana. (3) Dengan mengawinsilangkan berbagai padi jenis unggul
itu diperoleh jenis padi unggul baru. (4) PB4 misalnya, merupakan hasil kawin silang antara
berbagai jenis padi unggul Indonesia dengan padi unggul Taiwan. (5) Kalau hasilnya
ternyata kurang, dicari lagi jenis lain yang ada.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ........
A . Mengapa plasma nutfah berada di IRRI?
B . Ada berapa macam jenis padi yang ada di IRRI?
C . Siapakah yang mendirikan IRRI?
D . Negara manakah yang paling banyak. mengambil bibit unggul dari IRRI?
E . Bagaimanakah cara memperoleh bibit padi unggul yang baru?
Kunci : E
Penyelesaian :
Lihat kalimat nomor (3) yaitu, "Dengan mengawinsilangkan berbagai padi jenis unggul itu diperoleh jenis padi unggul baru. "

4 . (1) Menurut seorang pengembang, pengembangan agrobisnis dan agroindustri merupakan
tuntutan perkembangan logis, (2) Pengembangan telah dilanjutkan sebagai wujud
kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan
pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.
Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor .. .
A . (1) dan (4)
B . (1) dan (3)
C . (2) dan (3)
D . (2) dan (4)
E . (3) dan (4)
Kunci : A
Penyelesaian :
Opini adalah pendapat, pikiran, pendirian. Kalimat nomor (1) dan (4) merupakan opini
Kalimat nomor (2) dan (3) merupakan kalimat fakta.

5 . ........ pertanian dikembangkan melalui dua kegiatan dasar, yaitu dasar kultur rekayasa
genetika jaringan dan rekayasa genetika. Teknik kultur jaringan memungkinkan kita
mengisolasi jaringan dan sel-sel tumbuhan kemudian menanamkannya di luar
tumbuh-tumbuhan itu sendiri. Kultur jaringan sebesar satu sentimeter kubik berisi kurang
lebih sejuta sel.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah
A . varietas
B . kultur nutfah
C . bioteknologi
D . hidroponik
E . gen sejenis
Kunci : C
Penyelesaian :
Istilah yang tepat adalah bioteknologi pertanian.
Bioteknologi adalah teknologi yang menyangkut jasad hidup.

6 . Ibunda, Andar sudah dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang baru.
Andar sudah memiliki teman. Semua teman di sekolah itu baik, kami pun sudah
membentuk kelompok belajar: Doakan ya Bu, agar Andar rukun selalu dengan
teman-teman.
Isi surat pribadi di atas adalah ........
A . keadaan sekolah Andar
B . teman-teman Andar
C . lingkungan sekolah Andar
D . kelompok belajar Andar
E . penyesuaian diri Andar
Kunci : E
Penyelesaian :
Inti surat yang ditulis Andar adalah mengenai penyesuaian diri di sekolah yang baru.

7 . Kalimat penutup surat undangan resmi yang tepat adalah ........
A . Mohon kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu.
B . Kehadiran Bapak/Ibu merupakan suatu kehormatan bagi kami.
C . Kehadiran Bapak/Ibu merupakan kelancaran rapat pengurus nanti.
D . Kehadiran Bapak/Ibu tepat waktu merupakan disiplin waktu rapat.
E . Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.
Kunci : E
Penyelesaian :
"Atas perhatian Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih."
Kalimat di atas sudah baku, efektif tetapi tidak kaku dan tidak meninggalkan kesopanan
dalam sebuah undangan resmi.

8 . Ketua OSIS menginstruksikan kepada Ketua Paskibra untuk membuat laporan hasil
Pendidikan dan pelatihan(Diklat) Paskibra pada tanggal 16 Agustus 2003.
Kalimat memo yang tepat sesuai dengan instruksi ketua OSIS tersebut adalah ........
A . Mohon menyiapkan laporan kegiatan yang sudah dilakukan,
B . Siapkan laporan kegiatan Diklat Paskibra tanggal 16 Agustus 2003.
C . Siapkan personil PASKIBRA untuk Diklat 16 Agustus 2003.
D . Siapkan 16 Agustus 2003, keperluan laporan Diklat.
E . Mohon laporan ini segera dibuatkan untuk dokumentasi sekolah.
Kunci : B
Penyelesaian :
Memo adalah bentuk surat tak resmi yang bersifat kedinasan dan digunakan sebagai
alat komunikasi di antara orang-orang di lingkungan dinas kelembagaan/instansi.
Jadi instruksi ketua OSIS kepada ketua Paskibra, harus menggunakan kalimat singkat,
padat, dan jelas. Memo yang tepat "Siapkan laporan kegiatan Diklat Paskibra tanggal 16
Agustus 2003."

Okay !! Sekian dulu soal Bahasa Indonesia dari author. Nanti dilanjutin lagi, tunggu part II nya yah ;)

Pyooong~

Source : Ebtanas/Bahasa Indonesia/Tahun 2004
 

BlogM.A.T.E Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez